Pendidikan Akademik Reforma Agraria Sejati: Internalisasi dan Ideologisasi Kader STKGB untuk Memperkuat Gerakan Reforma Agraria di Lampung


Tulang Bawang, 14 Juli 2024 – Ketua STKGB, Bapak M. Sukirji, S.Pd., menyelenggarakan acara PENDIDIKAN Akademik Reforma Agraria Sejati pada Sabtu, 13 Juli hingga Minggu, 14 Juli 2024. Acara ini bertujuan untuk memperkuat gerakan reforma agraria di Lampung dan diadakan di Balai Desa Agung Jaya, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang.

Acara tersebut melibatkan masyarakat yang menuntut haknya, berbagai stakeholder, serta mahasiswa/i dari Institut Agama Islam Tulang Bawang. Lima mahasiswa yang terlibat dalam acara ini adalah Wijayanto, Anisa Putri Lestari, Yeni Tri Amelia Putri, Febriasyah, dan Gilang Ramadhan.
Aspirasi Mahasiswa
Wijayanto, salah satu mahasiswa peserta, menyampaikan aspirasinya dengan tegas. "Audiensi sudah masyarakat lakukan dan gerakan-gerakan sudah masyarakat lakukan untuk menuntut haknya. Seharusnya pemerintah daerah dan pusat lebih memperhatikan nasib masyarakat di bawah dibanding menguntungkan segelintir orang. Di mana yang telah kita ketahui bersama, sila ke-5 adalah Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun nyatanya, keadilan sosial hanya untuk segelintir orang yang mempunyai kekuasaan, wewenang, serta memiliki uang."

Aspirasi Penyelenggara
Pak Taufik, salah satu penyelenggara, turut menyuarakan pandangannya. "Betul apa yang disampaikan mahasiswa. Kami di sini hanya menuntut apa yang telah diambil dari kami dan meminta hak kami dikembalikan kepada kami. Kami para petani meminta keadilan untuk masyarakat yang terdampak akibat PT BENIL."

Kronologi Peristiwa di BENIL
Masyarakat BENIL mengalami kerugian besar akibat hak mereka yang diambil secara paksa dengan janji-janji yang tidak dipenuhi. Peristiwa ini dimulai sekitar tahun 1991 dan memanas pada tahun 2016. Pada puncak konflik tersebut, delapan orang meninggal dunia, enam belas orang ditahan di kepolisian, dan delapan belas orang dinyatakan cacat seumur hidup. Konflik ini terjadi lantaran pembangunan sebuah perusahaan di mana pemerintah memberikan izin atas tanah yang telah ditempati oleh warga.

Acara PENDIDIKAN Akademik Reforma Agraria Sejati ini diharapkan dapat memperkuat gerakan reforma agraria di Lampung, memberikan pengetahuan dan ideologi yang kuat kepada kader STKGB, serta mendorong perhatian pemerintah untuk lebih memihak kepada masyarakat kecil yang terdampak oleh kebijakan agraria yang tidak adil.

0 Komentar